4 Tips Memperpanjang Umur Baterai Android

Tips Memperpanjang Umur Baterai Android - Umur baterai android bisa diperpanjang bila kamu tahu caranya. Seperti kita ketahui bahwa, saat ini HP android menjadi HP paling banyak dipakai bukan saja di Indonesia, tetapi juga di berbagai belahan dunia. HP jenis ini memiliki fitur-fitur yang lengkap yang membuat HP android bukan sekedar sebagai alat untuk berkomunikasi saja, tetapi juga memiliki fungsi-fungsi lain yang sangat bermanfaat. HP android bisa membuat hidup kita lebih mudah.
4 Tips Memperpanjang Umur Baterai Android

HP android bisa berfungsi dengan baik, bila baterai dalam keadaan terisi. Banyak pemilik HP android yang mengeluh kalau baterai androidnya cepat habis. Ini adalah masalah klasik yang dimiliki oleh para pemilik android. Masalah ini terkesan sederhana tetapi kadang sangat mengganggu, khususnya bila kita berada di luar rumah dan lupa membawa charger. 

Masalah berikutnya adalah masalah yang berkaitan dengan umur baterai android. Sama seperti baterai-baterai lainnya, baterai android memiliki batasan umur. Bila umur habis maka baterai tersebut tidak bisa meyimpan energi secara efektif. Dalam banyak kasus, baterai yang umurnya sudah habis hanya bisa menyimpan energi sedikit sekali sehingga harus sering di-charge ulang. Dalam kesempatan ini, kita akan bahas tentang 4 tips memperpanjang umur baterai khususnya android.
Jenis-jenis Baterai Android

Sebelum kita mengulas tentang umur baterai android, ada baiknya kamu memahami tentang jenis-jenis baterai android. Secara umum, ada 4 macam baterai android yang banyak digunakan yang di antaranya adalah sebagai berikut:

a. NiCd atau Nickle Cadmium
Baterai ini mempunyai kapasitas simpan yang besar. Namun sayang, baterai jenis ini sudah ditinggalkan karena ukuranya yang besar dan tidak cocok dengan gadget modern yang kebanyakan berukuran kecil atau slim.

b. NiMH atau Nickel Metal Hydride
Baterai ini adalah baterai yang ramah lingkungan. Ukurannya kecil dan bobotnya lebih ringan dengan kapasitas simpan yang besar.

c. Li-Ion atau Lithium Ion
Baterai ini tidak memiliki memory effect sehingga bisa di charge kapan saja dan bisa dicabut tidak harus menunggu penuh.

Cara Memperpanjang Umur Baterai untuk Android

Agar baterai anda bekerja dengan maksimal, awet dan berumur panjang maka kamu harus merawat baterai androidmu dengan benar. Berikut adalah tips agar umur baterai android menjadi lebih awet:

1. Jangan mengisi baterai sampai penuh
Saat ini, kebanyakan android menggunakan baterai jenis lithium ion. Baterai jenis ini tidak usah diisi secara penuh karena selain memakan waktu lama, charging terlalu lama membuat baterai bisa cepat rusak.

2. Charge Androidmu secukupnya saja dan secara berkala
Ketika kamu di rumah atau di tempat kerja, isi bateraimu secukupnya saja dan tidak usah sampai full. Bila kamu bepergian isi baterai android sampai 40 persen saja dan sisanya kamu bisa mengandalkan power bank. Dengan cara ini, kerja baterai akan berkurang dan umur baterai android bisa lebih lama.

3. Proses Chraging harus dihentikan sebelum full
Ketika kamu mengisi full 100 persen baterai akan berusahan untuk mempertahan posisi tersebut. Kerja ekstra ini membuat komponen baterai bekerja ekstra dan akhirnya kelelahan. Hal ini membuat umur baterai menjadi lebih pendek.

4. Suhu Android harus dijaga
Ternyata baterai android sangat rentan terhadap panas. Ketika beraktivitas di luar rumah, pasang penutup baterai. Sebaliknya bila digunakan main game di dalam rumah, ada baiknya dilepas saja agar panas bisa menyebar rata tidak terfokus pada satu titik saja.

Demikian tadi ulasan kita tentang 4 memperpanjang umur baterai android. Semoga ulasan di atas bisa membantu kamu yang ingin baterai HP-nya awet dan tahan lama.

Labels: