Lupa Kunci Android? Lakukan Hal-hal Ini

Lupa kunci android merupakan kasus umum yang sering dialami oleh para pemilik android. Jumlah pengguna handphone Android terus meningkat setiap tahunnya. Bila kamu adalah satu dari mereka, kamu patut bangga karena memiliki gadget canggih dengan banyak fitur yang tak mungkin ditemui di handphone zaman dulu.  HP android bukan saja berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga berfungsi sebagai hiburan serta fungsi-fungsi lainnya yang tidak mungkin kita sebutkan satu persatu. Pendek kata HP android sudah menjadi bagian dari masyarakat milenial. Di antara jutaan pengguna HP keren ini, tidak sedikit yang pernah mengalami masalah dengan lupa kunci android atau lupa password. Dalam kesempatan ini, kita akan bahas tentang apa yang harus kita lakukan ketika lupa kunci password.
Lupa Kunci Android? Lakukan Hal-hal Ini


Kenapa Android Harus Dikunci

Sebelum kita berbicara lebih lanjut tentang cara mengatasi lupa kunci android, ada baiknya kita tahu kenapa sebuah android harus dikunci. Alasan utama kenapa android harus dikunci adalah untuk melindungi android kita dari mereka yang tidak berhak untuk mengaksesnya. Seperti kita ketahui bahwa, HP android menyimpan banyak data yang bisa disalah gunakan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, pemberian password atau kunci mutlak diperlukan. 

Selain itu, HP kita adalah identik dengan diri kita sendiri. Ketika seseorang menerima telepon dari kita, penerima akan langsung mengasosiasikan dengan diri kita yang menelpon. Dengan adanya password, maka HP android bisa terlindungi dari orang yang berhak. Nah, bagaimana kalau kita lupa tentang kunci android kita?
Cara Mengatasi Lupa Kunci di Android

Tidak sedikit pemilik android yang lupa kunci android yang dimilikinya. Bila kamu lupa dengan password androidmu, maka android akan terus terkunci. Untuk bisa membuka kunci dan menggunakan seperti biasa, kamu bisa melakukan beberepa hal di bawah ini:

1. Gunakan Fitur Forgot Password
HP android yang dibuka secara paksa dengan memasukkan password yang salah maka HP akan terkunci. Cara membukanya adalah dengan cara mengklik forgot password. Setelah itu, masukan detail log google akun kamu, lalu sign in. Untuk bisa melakukan semua langkah ini, tentunya HP harus bisa mengakses internet terlebih dahulu.

2. Gunakan Panggilan Telepon
Bila karena sesuatu dan lain hal, HP tidak memiliki akses internet, maka coba hubungi HP tersebut dari HP orang lain. Selanjutnya, jawab panggilan tersebut lalu jangan matikan tetapi langsung ke home selanjutnya ke setting. Setelah itu, aktifkan langsung saja internet agar bisa sign in lagi. Bila dirasa perlu mengganti password, ganti dan dan catat di tempat lain agat tidak lupa lagi.

3. Factory Data Reset
Langkah terakhir dari cara mengatasi lupa kunci android adalah dengan cara Factory data reset. Tindakan factory data reset ini bisa dilakukan melalui Android Recovery. Untuk bisa melakukan tindakan ini, kamu harus melakukan beberapa langkah penting. Pertama, kamu harus mematikan android terlebih dahulu. Selanjutnya, adalah menekan dan menahan tombol home dan juga volume agar suara bisa membesar dan tekan tombol power secara bersama-sama. 

Setelah itu, biarkan selama 5 detik. Pada screen akan muncul sejumlah daftar atau menu dalam bentuk mode recovery. Dengan menggunakan tombol volume gerakan pilihan kamu menuju ke Factory Data Reset, lalu tekan tombol power untuk melakukan tindakan reset data. Setelah itu, tunggu untuk beberapa saat agar proses reset terjadi. 

Perlu diingat bahwa, proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Selanjutnya, setelah proses selesai, lakukan reboot dengan memilih reboot system now. Setelah itu, android akan hidup kembali dan kondisinya sama seperti saat kamu baru pertama beli.

Banyak pemilik android yang lupa dengan password androidnya. Bila kamu salah satu dari mereka kamu tidak usah panik. Lakukan tindakan mengatasi lupa kunci android seperti di atas dan androidmu bisa digunakan lagi seperti sediakala.

Labels: