Teknologi Pembelajaran Masa Depan

Teknologi Pembelajaran Masa Depan

Banyaknya para sumber daya manusia berpendidikan yang menjadi orang sukses, pastinya membuat orang-orang semakin minat terhadap pendidikan. Bahkan sekarang ini sudah banyak dan hampir semua negara menerapkan peraturan wajib pendidikan. Nah semakin berkembangnya zaman dan teknologi, pastinya dalam dunia pendidikan pun tidak boleh kalah dong. Semakin kesini semakin banyak perkembangan pula dalam dunia pendidikan.
Lantas gimana ya kira-kira perkembangan teknologi pembelajaran di masa depan. Mungkin sudah tersirat dalam pikiran kita bayangan bagaimana pembelajaran terjadi di masa depan. Apalagi disertai dengan perkembangan teknologi yang cukup signifikan, pastinya pembelajaran pun akan terlaksana dengan mudah. Bisa kita ambil contoh dari media pembelajaran yang terdapat. Dahulu kala para siswa hanya bisa menyimpan catatan, kumpulan materi, maupun membuat tugas dalam kumpulan lembaran kertas yang disebut  buku. Para siswa harus kerepotan membawa benda ini setiap hari dari rumah ke sekolah maupun sebaliknya. 
Teknologi Pembelajaran Masa Depan

Namun sekarang para siswa sudah diberi kemudahan dengan adanya perkembangan media penyimpanan. Buku-buku materi maupun buku tugas yang dulunya besar dan berat, kini para siswa dapat membawanya dengan mudah dengan adanya software file yang dapat disimpan dalam media penyimpanan kecil seperti flashdisk. Mungkin di masa depan akan diciptakan alat yang lebih efektif dan efisien dibandingkan flashdisk. Tidak hanya itu, dahulu dalam menjelaskan materi, seorang guru memerlukan papan tulis yang mengharuskan guru untuk berdiri dan menulis materi. Namun sekarang presentasi dapat dilakukan mudah dengan adanya LCD proyektor. Ini semua tidak lepas dari berkembang pesatnya teknologi. Jika saat ini saja sudah sangat berbeda dari jaman dahulu, lantas bagaimana dengan teknologi pembelajaran di masa depan? Pastinya para ahli akan terus mengembangkan educational technology. Para ahli teknologi akan terus mengembangkan dan menyempurnakan media-media pembelajaran yang menarik bagi para peserta didik. 

Tidak hanya media pembelajarannya saja, strategi pembelajaran pun semakin berkembang. Contohnya ketika pembelajaran langsung yang dapat dilakukan tanpa tatap muka. Meskipun saat ini masih dirasa jarang dan kurang menarik minat masyarakat, namun  dengan perkembangan sedemikian rupa pastinya akan terjadi saat dimana metode ini sangat membantu pembelajaran dan efektif. 

Labels: