Tips Mengatasi Android Cepat Panas

Android cepat panas sering dikeluhkan para pemilik HP android. Seperti kita ketahui bahwa, HP android adalah HP canggih yang memiliki banyak fitur. Dengan aneka ragam fitur yang ada, kita bisa menggunakan HP android bukan saja sebagai alat komunikasi, tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk bersosialisasi, hiburan dan lain sebagainya. 
Tips Mengatasi Android Cepat Panas

Itulah kenapa HP android begitu populer dan banyak disenangi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna HP android yang terus meningkat setiap tahunnya.

Banyak pemilik android bertanya-tanya kenapa HP androidnya cepat panas. Ada yang berpendapat bahwa, android cepat panas adalah pertanda android dalam keadaan tidak baik. Ada juga yang berargumen bahwa HP android yang cepat panas disebabkan karena kualitas baterai android yang kurang bermutu. Apakah semua ini benar? Dalam kesempatan ini, kita akan bahas tentang penyebab HP android menjadi cepat panas dan kita juga akan bahas tentang tips mengatasi android yang cepat panas.

Penyebab Android Menjadi Cepat Panas

Android menjadi cepat panas bukan disebabkan karena kualitas HP atau baterai HP yang tidak baik. Pada kenyataannya, semua HP android merek terkenal pun juga mengalami masalah ini. Semua HP pasti menggunakan baterai sebagai sumber daya untuk menjalankan semua komponen dalam android tersebut. 

Sebenarnya, yang membuat android cepat panas adalah dari baterai android itu sendiri. HP baterai yang sedang di-charge atau sedang digunakan akan menimbulkan panas dan panas tersebut akan di distribusikan pada seluruh badan andoid. Itulah sebabnya kenapa androidmu terasa panas bila terlalu lama digunakan.

Cara Mengatasi Android Menjadi Cepat Panas

1. Jangan mengecharge android semalaman
Kebanyakan baterai android saat ini terbuat dari Ion lithium. Baterai jenis ini sangat sensitif terhadap panas. Dengan men-charge semalaman, maka akan menimbulkan panas yang pada akhirnya akan merusak dan menurunkan kemampuan baterai dalam menyimpan daya. Jangan men-charge HP di atas kasur atau sofa karena hal ini bisa membuat android cepat panas. Sebaiknya taruh HP di lantai ketika sedang di-charge karena lantai bisa menyerap panas.

2. Hindari sinar matahari 
Sebisa mungkin hindari HP android terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa menurunkan daya kerja HP. Bila kamu menggunakan HP di luar dalam keadaan terik, kamu akan cenderung menguubah kecerahan layar agar tampilan layar menjadi lebih terang. Hal ini akan membuat baterai bekerja lebih keras yang menyebabkan baterai dan HP menjadi cepat panas.

3. Hindari main game ketika HP di charge
Ketika HP di-charge maka baterai android tersebut sedang bekerja. Oleh karena itu, baterai yang sedang di-charge akan terasa panas. Dengan bermain game maka beban baterai akan semakin berat dan akan membuatnya android cepat panas. Chatting mungkin diperbolehkan karena tidak memerlukan kerja baterai yang besar, tetapi bermain game membuat baterai harus bekerja ekstra.

4. Batasi penggunaan aplikasi berlebih
Pada dasarnya, semakin banyak aplikasi yang terinstal dan dimainkan maka beban baterai akan semakin besar. Untuk itu, bila aplikasi tidak digunakan maka sebaiknya dimatikan saja dan apabila jarang dipakai aplikasi sebaiknya dilepas saja. Penggunaan banyak aplikasi secara bersamaan akan membuat android menjadi cepat panas.

HP android adalah HP canggih yang terbuat dari berbagai macam komponen di dalamnya. Pemilik android harus bisa merawat HP-nya dengan teliti agar android bisa berfungsi dengan maksimal. Untuk mengatasi HP android cepat panas, silahkan perhatikan hal-hal yang sudah disebutkan di atas.

Labels: ,